Hunusan Pertama Pedang Pembela Islam

– Zubair bin ‘Awwam –

Pemuda itu bangkit dari duduknya, rona merah padam tampak diwajahnya.

Hatinya panas, dadanya seakan mendidih ketika mendengar Sang Utusan Allah disakiti di salah satu bukit di Makkah.

Kepal tangannya bergetar. Kemarahan itu tidak biasa, bukan karena dunia, bukan karena haknya diambil, bukan karena dirinya dipermalukan. Namun kemarahan itu lahir dari keimanan seorang anak yang masih sangat muda.

Tangan kecilnya meraih sebilah pedang, dengan langkah mantap seorang anak yang berusia dua belas tahun kala itu keluar dari rumahnya. Pandangan tajamnya bagaikan elang yang ingin menerkam mangsanya.

Setiap orang yang melihatnya pun dibuat takjub. “Apakah gerangan yang membawa anak ini dengan pedang dan kemarahan? Seorang anak kecil dengan pedang terhunus ditangannya!”

Sampailah anak itu dihadapan Sang Utusan Allah, maka Rasulullah bersabda: “Ada apa denganmu?” anak itu berkata: “Aku datang kepadamu wahai Rasulullah, untuk memukul siapapun yang mengganggumu dengan pedangku ini!”.

Maa Syaa Allah! Laa Quwwata Illaa billaah! Inilah pedang pertama yang terhunus untuk membela Allah dan RasulNya. Dan pedang ini di bawa oleh seorang PEMUDA!.

Dialah (حواري رسول الله) penolong setia Rasulullah, itulah gelar sekaligus pujian yang Rasulullah sematkan kepada diri pemuda ini. Dia adalah Zubair bin ‘Awwam RadliAllahu ‘anhu anak dari Shafiyyah binti ‘Abdul Muthalib yang merupakan bibi Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan beliau juga merupakah salah satu dari sepuluh orang sahabat yang dijanjikan surga kepadanya.

Bukan hanya itu, beliau juga merupakan salah seorang dari enam orang anggota khusus mejelis syuro Rasulullah. Beliau memeluk islam dalam usia yang sangat muda, dari ‘Urwah beliau berkata: “Telah masuk Islam Zubair sedangkan beliau masih berusia delapan tahun. Dan sungguh masih banyak lagi keutamaan pemuda ini.

Tercatat apik dengan torehan tinta emas sejarah islam akan keteguhan pribadinya, Keberaniannya dalam membela Islam dan kesetiaannya kepada Rasulullah. Semoga kita semua Allah berikan kekuatan untuk meneladaninya dan mengikuti jejaknya dalam membela Al Islam.

Bekasi.
6 Safar 1439 H

Lukman Hakim
Kepala Kuttab Ummul Quro Indonesia

Follow kami untuk update info Kuttab Ummul Quro dan Pendidikan Nabawi.

Telagram : https://t.me/kuttabindonesia
Facebook : Kuttab Ummul Quro
Instagram : kuttabummulquro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *