FAQ

PERTANYAAN UMUM

Kuttab adalah lembaga pendidikan anak usia dini (5 – 12 tahun) yang fokus dalam pendidikan Iman dan adab. Pendidikan warisan kebesaran peradaban Islam. Merujuk kepada sejarah kegemilang Islam dan kitab – kitab generasi salafus shalih. Berlandaskan Al – Qur’an dan As – Sunnah. Berharap dengan mengulang kembali proses yang pernah ada, akan kembali lahirnya generasi yang mengembalikan kemuliaan Islam. Menerapkan kembali “Iman sebelum Al – Qur’an, Adab sebelum Ilmu dan Ilmu sebelum Amal”

Kuttab Ummul Quro adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang bernaung di yayasan Ummul Quro Internasional serta memiliki Visi dan Misi sebagai berikut.

Visi :
“Melahirkan generasi pilar peradaban Islam”

Misi :
–  Menanamkan Aqidah dan pemahaman agama yang benar
–  Menghafal Al Qur’an
–  Menghafal Hadits
–  Menanamkan adab sebelum ilmu
–  Visualisasi kejayaan peradaban Islam

Kuttab Ummul Quro Berbeda secara kelembagaan dengan kuttab yang lain, namun menggunakan konsep “Kuttab” sehingga penerapannya merujuk kepada kitab – kitab para Ulama yang digunakan sebagai rujukan oleh kuttab – kuttab yang ada.

Kuttab Ummul Quro lembaga pendidikan anak usia dini Umur 5 – 12 tahun. Artinya setara dengan TK dan SD. Pendidikan kuttab menggabungkan 2 pendidikan, yaitu TK dan SD dalam satu jenjang konsep pendidikan, sehingga anak – anak usia TK B (5 Tahun) sudah bisa mendaftar di kuttab.

Minimal usia 5 tahun untuk santri baru, dan maksimal usia 9 tahun untuk pindahan dari sekolah SD.

Kuttab Ummul Quro bernaung di Yayasan sehingga menempuh ijin operasional yayasan. Dan untuk saat ini masih dalam tahap pengurusan ijin operasional yayasan. Untuk kemudian akan diteruskan kepada ijin PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) InsyaAllah, sehingga bisa menyelenggarakan ujian nasional secara mandiri.

Lama masa pembelajaran dikuttab berlangsung selama 7 tahun (penggabungan TK dan SD). Dengan dibagi menjadi 2 jenjang secara umum dan masing – masing penekanan materi disetiap jenjangnya, yaitu:
1.  Jenjang Kuttab Awal selama 3 tahun ( Kuttab Awal 1 – 3)
2.  Jenjang Kuttab Qonuni selama 4 tahun ( Kuttab Qonuni 1 – 4)

kenaikan jenjang di kuttab sama seperti kenaikan jenjang di lembaga pendidikan setingkat SD pada umumnya. Ada ujian akhir semester dan ada ujian kenaikan kelas.

Kuttab Ummul Quro memiliki target lulusan sebagai berikut:
1.  Memiliki tauhid yang lurus sesuai pemahaman salafus shalih
2.  Memiliki Akhlaq Qur’ani dan bermental Positif
3.  Memiliki hafalan Al Qur’an minimal 7 Juz
4.  Memiliki hafalan 100 Hadits pendek dan Hadits Arba’in An Nawawi
5.  Memiliki wawasan yang luas terhadap sejarah Islam
6.  Memiliki Ijazah kelulusan Negara

Dikuttab hanya menyediakan ijazah paket. Karena tidak menginduk kepada kurikulum Diknas dan Depag. Namun melalui jalur home schooling.

Anak yang memiliki ijazah paket memiliki hak yang sama untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Jadi insyaAllah bisa melanjutkan ketingkat SMP.

metode pembelajaran dikuttab adalah metode yang di ambil dari bagaimana dahulu para generasi ulama dan salafus shalih belajar. Yaitu dengan berusaha melatih anak – anak untuk menghormati ilmu, ahli ilmu dan majelis ilmu. Menjaga adab – adabnya dan mengajarakan dengan kelembutan dan seimbang antara penghargaan dan hukuman.

Kurikulum iman, kurikulum Al Qur’an dan Kurikulum talaqqi ilmu. Oleh karena itu Kuttab Ummul Quro dengan segala hormat tidak menginduk kepada kurikulum Diknas maupun kurikulum Depag. Denga harapan bisa memaksimalkan kurikulum yang kami tetapkan.

di kuttab, materi pengetahuan alam (IPA), social (IPS), bahasa, dan berhitung masuk kedalam satu kesatuan kurikulum iman. Karena kami tidak memberikan suatu materi untuk anak didik kecuali yang bisa menambah keimanan dihati mereka.

di Kuttab Awal maksimal jumlah santri dalam satu kelas adalah 15 santri dengan 2 orang guru pembimbing. Namun dikuttab qonuni maksimal 30 santri dalam satu kelas dengan 2 guru pembimbing.

Biaya pendaftaran berbeda disetiap kuttab yang ada, jadi silahkan langsung menghubungi contact person yang ada disetiap kuttab.

Dikuttab tidak ada trial class, karena kami memiliki prinsip, bagi siapapun yang ingin memasukkan buah hatinya dikuttab harus memiliki keyakinan dan azzam yang kuat dan bukan sekedar mencoba. Jika masih ada keraguan, lebih baik ditunggu terlebih dahulu, dimusyawarahkan dan di istikharahkan sehingga ada keyakinan yang bulat.

Posted on